Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android dan iOS

Posted on

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang – Android sekarang yakni sudah menjadi sebuah jenis sistem operasi dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia ini. Salah satu alasannya ialah karena sifatnya yang terbuka.

Sifat open source tersebut yakni akan membuat kalian bisa dengan mudah dalam mengutak-atik sistem operasi tersebut dan memudahkan developer membuat aplikasi-aplikasi yang sangat keren nantinya.

Banyaknya jenis aplikasi Android yang akan membuat kalian menjadi tergiur ketika akan meng-install game atau aplikasi terbaru di HP.

Bila kalian sedang mengalami kesulitan, kamu bisa simak ulasan yang akan kami jelaskan tentang Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang, simak dibawah ini!!

Kita tahu bahwa perangkat Android seperti smartphone dan tablet hadir dalam berbagai rasa akhir-akhir ini. Hal tersebut, karena begitu banyak penggemar perangkat Android di luar sana, dari anak-anak hingga remaja hingga orang dewasa.

Selain kemudahan penggunaan, fasilitas dan layanan yang ditawarkan juga sangat menarik. Pengguna dapat menikmati kemudahan melakukan transaksi digital, hiburan dan permainan media sosial tanpa batasan, belajar dan mengadakan pertemuan online tanpa dibatasi jarak dan waktu.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Cara-Mengatasi-Aplikasi-Tidak-Terpasang

Dalam mengatasi masalah pada sebuah jenis aplikasi atau aplikasi yang tidak dapat diinstal di perangkat Android Anda, silahkan kalian simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

1. Restart Perangkat Android

Dengan cara pertama, Anda dapat mencoba memuat ulang perangkat untuk menyelesaikan masalah aplikasi yang tidak terpasang. Dalam situasi tertentu, terkadang layanan sistem dan layanan Google Play Store tidak berfungsi atau mogok menyebabkan aplikasi gagal diunduh dan diinstal.

Dalam beberapa sebuah jenis kasus, pengisian daya perangkat dapat menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi pada perangkat Android.

Misalnya dalam jenis Aplikasi berhenti, Aplikasi tidak bisa dibuka, Aplikasi tidak bisa diinstal, Aplikasi akan berhenti dengan sendirinya, dan berbagai masalah lainnya.

Itulah mengapa disarankan untuk me-reboot perangkat untuk memperbaiki layanan sistem yang macet. Setelah memulai ulang perangkat, Anda dapat mencoba menginstal ulang file atau aplikasi aplikasi yang diinginkan.

Selanjutnya kalain dapat melihat dan mengetahui apakah aplikasi tersebut dapat diinstal atau tidak. Jika aplikasi tidak diinstal, coba dalam sebuah jenis metode selanjutnya.

2. Aktifkan Perizinan Aplikasi

Bila kalian ingin menginstal aplikasi dari situs web atau toko aplikasi pihak ketiga (bukan Google Play Store), pastikan kalian yakni telah mengaktifkan izin untuk menginstal aplikasi dari “Sumber Tidak Dikenal”.

Dalam melakukan ini, kalian yakni harus perlu menyesuaikan dengan perangkat Android yang Anda gunakan. Kamu dapat membuka menu Pengaturan untuk menemukan dan mengaktifkan izin akses.

Nah, dibawah ini adalah beberapa cara dalam jenis aktifkan perizinan pada aplikasi, yakni:

  • Kalian harus mmebuka menu pengaturan di ponsel Android kalian.
  • Scroll ke bawah dan silahkan kamu pilih Biometrik dan keamanan.
  • Kemudian kalian silahkan juga pilih Instal aplikasi yang tidak dikenal.
  • Karena nantinya ingin menginstal aplikasi berupa file APK yang tersimpan di file manager, aktifkan “My files”.
  • Jika ada penyimpanan aplikasi lain di ponsel Android Anda yang ingin kamu aktifkan.
  • Bila demikian, kalian dapat meninggalkan halaman.
  • Selesai.

Saat mengaktifkan izin akses “Instal aplikasi yang tidak dikenal”, ada perbedaan dalam opsi antara OS Android versi baru dan OS Android versi lama.

Akan tetapi tentu saja, kamu bisa dengan mudah dalam mengaktifkan izin ini melalui fitur keamanan di versi sistem operasi Android apa pun. Bila ada perbedaan, kamu dapat menyesuaikannya.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

  • Silahkan kalian membuka menu pengaturan di ponsel Android kamu.
  • Scroll ke bawah dan pilih pada bagian menu aplikasi.
  • Kemudian cari dan pilih aplikasi yang Anda inginkan.
  • Lanjutkan dengan cara kalian harus memilih Instal Hps.
    Klik OK untuk mengonfirmasi penghapusan aplikasi.
  • Lalu selesai.

4. Periksa Kompabilitas Sistem dan Aplikasi

Selanjutnya kalian harus dapat periksa kompatibilitas dan versi aplikasi/game yang ingin Anda instal. Hal tersebut yakni sangat penting untuk Anda ikuti karena kompatibilitas aplikasi akan mempengaruhi jalannya aplikasi tidak peduli apakah aplikasi dapat berjalan normal atau tidak normal.

Beberapa jenis aplikasi dan game akan sangat terus menerapkan adanya sebuah perubahan dan pembaruan setelah pengembangan sistem Android dirilis, dari segi privasi dan keamanan, antarmuka pengguna hingga pengalaman pengguna saat membuka aplikasi.

Bahkan dalam beberapa jenis aplikasi populer seperti WhatsApp saat ini tidak bisa mendukung OS Android 4.0.4 dan yang sangat lebih lama. Hal tersebut yakni terjadi karena teknologi yang dibawanya tidak tersedia di perangkat Android lawas.

Sama halnya dengan game, banyak game populer misalnya Mobile Legends, PUBG, sampai Genshin Impact hanya bisa dimainkan di perangkat Android yang memenuhi syarat.

Oleh karena itu, sebelum menginstal aplikasi atau game apa pun, pastikan aplikasi yang diinstal masih kompatibel dengan versi OS Android yang kalian akses.

5. Bersihkan File yang Tidak Perlu

  • Silahkan kalian membuka jenis aplikasi File Saya di ponsel kamu.
  • Pilih jenis kategori file yang ingin kalian akan bersihkan.
  • Bila kalian ingin menghapus file APK, kalian dapat memilih kategori apk tersebut.
  • Tandai berapa banyak jenis file atau semua file yang ingin Anda hapus.
  • Ketuk Hapus dalam menghapus sebuah jenis file yang diinginkan.
  • Lalu selesai.

6. Periksa Kapasitas Penyimpanan Internal

Bila kalian akan menerima pesan kesalahan saat memasang aplikasi yang menyatakan “Ruang Penyimpanan Tidak Cukup” dan lain sebagainya.

Kemudian coba pastikan memori internal Anda tidak penuh atau setidaknya tidak cukup untuk menginstal aplikasi yang diinginkan.

Coba bersihkan data atau file yang tidak perlu misalnya video, foto, audio, APK, dokumen, dan lain sebagainya. Ini dilakukan untuk mengurangi beban penyimpanan internal dari tumpukan file dan aplikasi.

7. Penyebab Aplikasi Tidak Diinstal

Sebelum Tekno.Antam.co.id menjelaskan cara mengatasi aplikasi yang teruninstal, Anda perlu mengetahui apa penyebabnya di ponsel Android Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat menemukan solusi yang efektif dan praktis untuk mengatasi masalah tersebut. Sejauh ini, ada beberapa masalah besar mengapa aplikasi tidak dapat diinstal di ponsel.

8. Aplikasi yang Tidak Kompatibel

Selain memori penuh, Anda juga harus memperhatikan persyaratan minimum aplikasi yang ingin Anda instal. Mulai dari chipset, RAM, bahkan sistem operasi.

Misalkan Anda ingin menginstal sebuah jenis aplikasi dengan persyaratan minimum OS Lollipop saat ponsel Anda yang masih menggunakan pada OS KitKat.

Selain itu, dalam jenis versi aplikasi yang Anda pilih untuk diinstal juga berpengaruh besar. Versi aplikasi yang kedaluwarsa juga menyebabkan ponsel gagal menginstal aplikasi.

9. Memori Tidak Cukup

Bila Anda suka mengoleksi aplikasi atau game, tetapi ponsel Anda jadul dan memiliki ruang penyimpanan kecil, sebaiknya batalkan niat Anda.

Tidak hanya kehabisan memori membuat Anda menginstal aplikasi, itu juga dapat menyebabkan ponsel Anda melambat dan tidak berfungsi secara optimal.

Jika ponsel Anda memiliki slot memori eksternal, Anda sebaiknya menghubungkannya. Transfer semua data misalna foto, musik, dan video ke penyimpanan eksternal.

10. File APK Rusak

APK merupakan jenis paket aplikasi Android (Android package) yang pada umumnya digunakan sebagai menyimpan aplikasi atau program yang berjalan di perangkat jenis Android.

Anda dapat mengunduh APK dari situs web penyedia aplikasi tidak resmi di luar Google Play Store. Misalnya seperti mod WhatsApp atau game Android yang diretas.

Karena ini yakni tidak diunduh dengan cara resmi, aplikasi tidak secara otomatis menerima pembaruan dan dukungan langsung dari pengembang.

11. Penyebab Lain

Selain penyebab di atas, Anda juga bisa mempertimbangkan hal lain. Misalnya, sepertinya penyimpanan Anda rusak atau ada izin yang tidak disetujui.

Sangat penting untuk memberikan izin ponsel Anda untuk menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, seperti, saat mengunduh APK di luar Google Play Store.

Dengan cara default, Android akan menonaktifkan pilihan tersebut sebagai mencegah virus atau program malware yang tersembunyi di APK masuk ke ponsel Anda.

12. Lokasi Pemasangan Salah

Misalnya yang Anda ketahui, HP pada umumnya mempunyai 2 media penyimpanan yaitu eksternal dan internal. Terkadang dalam jenis aplikasi tidak dapat diinstal karena ini.

Terdapat jenis aplikasi yang bisa diinstal di penyimpanan internal dan eksternal, tetapi ada juga aplikasi yang hanya bisa diinstal di penyimpanan internal.

Mungkin aplikasi Anda gagal dipasang karena dicoba di penyimpanan eksternal (kartu SD) sementara aplikasi hanya dapat dipasang di penyimpanan internal.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan yang sudah kami jelaskan mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android dan iOS, sekian dan terima kasih!!