Aplikasi Internet Pengambilan File Cepat dengan Aman dan Mudah

Posted on

Aplikasi Internet Pengambilan File Cepat – Untuk kamu yang kesehariannya sering menggunakan internet, sering dihadapkan dalam suatu jenis transfer file internet dan mentransfer data atau file di internet, terdapat pula keadaan yang mengharuskan untuk mentransfer sebuah data.

Bila kalian sudah meneliti hal ini, jelas tidak asing dengan aplikasi untuk pentransfer sebuah data jenis internet ini. Aplikasi Internet yang bisa mentransfer file secara cepat adalah menggunakan FTP.

Untuk kalian yang kesehariannya terhubung dengan adanya sebuah jenis internet dan sering dihadapkan terhadap transfer file internet dan file atau transfer data internet, ada juga situasi yang perlu saling mengirim data.

Bila kalian yakni sudah mempelajarinya, Anda tidak asing dengan aplikasi transfer data internet. Salah satu aplikasi Internet yang dapat mentransfer file dengan cepat adalah FTP.

Jadi bila kalian yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang FTP, disini Tekno.Antam.co.id ini mencakup semua yang perlu Anda ketahui tentangnya. Dimulai dari pengertian, fungsi dan cara penggunaan. Silahkan simak ulasan selengkapnya dibawah ini!!

Apa itu FTP ?

FTP (File Transfer Protocol) merupakan sebuah jenis protokol di Internet yang memungkinkan Anda, pengguna, untuk mentransfer data antar server atau mengambil file melalui jaringan TCP.

Dalam jenis aplikasi internet yang telah memungkinkan pengambilan file secara cepat merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di dunia teknologi. Dalam hal tersebut FTP lah yang sangat familiar bagi orang-orang untuk mentransfer data.

Alasan lain mengapa banyak pengguna yang sudah menggunakan FTP sebagai aplikasi transfer data adalah karena FTP memungkinkan Anda untuk mentransfer data dengan lebih mudah dibandingkan dengan perangkat lain.

Apa-itu-FTP

Selain itu, saat menggunakan FTP, Anda bisa membatalkan pengambilan data dan transfer data. File Transfer Protocol atau FTP adalah protokol Internet yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer file antar server melalui jaringan menggunakan koneksi TCP.

Bila kalian sering akrab dengan server dan dunia teknologi informasi, Anda mungkin tidak asing lagi dengan istilah FTP. Karena saat ini FTP merupakan salah satu protokol transmisi yang paling sering digunakan untuk pertukaran data.

Pasalnya, mentransfer file melalui FTP lebih mudah daripada menggunakan perangkat lain. Lebih keren lagi, kalian bisa dengan mudah dalam melakukannya dari jarak jauh.

Fungsi FTP (File Transfer Protocol)

FTP adalah protokol yang bertugas dalam menghubungkan pertukaran informasi pada komputer melalui jaringan menggunakan koneksi Transmission Control Protocol (TCP).

Saat Anda mengakses Internet, Anda menggunakan berbagai jenis protokol. Untuk menjelajahi Internet, gunakan protokol HTTP. Gunakan protokol XMPP untuk mengirim dan menerima pesan instan. FTP hanyalah sebuah protokol untuk mentransfer file.

Aplikasi-Internet-Pengambilan-File-Cepat

Jadi ketika kalian akan mendownload dan mengupload file, semua aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan FTP, meski sekarang protokol HTTP dan HTTPS juga bisa melakukan hal yang sama.

Sampai sekarang ini, FTP adalah protokol tertua yang masih digunakan dan merupakan cara yang nyaman dan efektif untuk mentransfer file. Selain dua fungsi utama yaitu “Get” dan “Put”, dalam mengelola file, FTP mempunyai beberapa fungsi lainnya, yakni:

  • Unggah halaman web ke Internet dengan melalui server web atau hosting web.
    Lakukan pengunduhan dan pengunggahan file.
  • Mengirim sebuah jenis data dalam format besar.
  • Distribusi file revisi pada program yang biasanya dijalankan dalam proses pengembangan website. Anda bisa dengan mudah mengelola transfer file menggunakan sesi FTP untuk mengunggah file tertentu, memindahkan template gambar, menambahkan file gambar, dan banyak lagi.
  • Dibandingkan dengan menggunakan email yang hanya bisa mengirim data hingga 25MB, FTP bisa menjadi solusi saat Anda ingin mengirim data atau file berukuran besar secara bersamaan dalam waktu singkat.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua pengguna Internet dapat dengan bebas mengakses data web Anda melalui server FTP. Setiap pengguna harus memiliki izin atau membuat permintaan koneksi terlebih dahulu untuk terhubung ke server FTP.

Untuk melakukan ini, masukkan nama pengguna dan kata sandi yang diperlukan. Umumnya, Anda dapat menemukan kredensial ini di fitur Detail FTP di panel kontrol hosting Anda.

Beginilah Cara Kerja FTP

Pada dasarnya, FTP bekerja dengan mengandalkan otentikasi dasar, yang mengharuskan pengguna komputer memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk mengakses data.

Kapan pun Anda ingin mengunduh data, mengunggah data, atau melakukan tindakan lain di komputer Anda, Anda memerlukan akses dari FTP untuk mengeluarkan perintah.

Beginilah-Cara-Kerja-FTP

Kata sandi dan nama pengguna ini adalah kunci akses Anda untuk mengakses data yang ada di dalamnya. Dengan kata sandi dan nama pengguna yang disediakan oleh FTP, Anda dapat dengan bebas memindahkan, menyalin, membuat, dan menghapus data di direktori penyimpanan komputer.

Oleh karena itu, proses transfer data di FTP sangat bergantung pada sistem keamanan enkripsi. Akan tetapi, sebelum pertukaran data berlangsung, klien FTP harus mengirimkan permintaan koneksi ke server FTP.

Ketika FTP client terhubung ke server FTP, maka ada aktivitas umum misalnya mengunggah, mengunduh data, dan lain sebagainya. Secara singkat cara kerja FTP terdiri dari 2 langkah, FTP client meminta koneksi ke server. Jika ada koneksi, data dapat dipertukarkan melalui FTP.

Aplikasi FTP Client

Dengan berbagai jenis aplikasi klien FTP yang tersedia, dibawah ini adalah beberapa aplikasi klien FTP yang dapat Anda coba untuk menggunakan FTP. Nah, dibawah ini adalah beberapa jenis aplikasi FTP Client, berikut ialah penjelasannya:

1. FileZilla

FileZilla adalah salah satu aplikasi klien FTP paling populer di kalangan pengguna Windows. Namun, aplikasi tersebut yakni sudah berlaku untuk Linux dan Mac.

Akan tetapi, sistem kerjanya sebenarnya lebih terintegrasi saat digunakan di Windows. Kelebihan dari aplikasi FTP ini adalah FileZilla dapat melakukan transisi secara simultan.

Jika koneksi yang digunakan terputus saat mengunggah file, proses pengunggahan dapat diulang. Namun, FileZilla membutuhkan waktu lama untuk mengunggah file, semakin besar ukuran file, semakin lama prosesnya.

2. FireFTP

Misalnya dalam FileZilla, aplikasi FTP ini bekerja di Mac dan Linux. Proses instalasi FireFTP yakni cukup sederhana karena terbatas pada penambahan add-on pada browser Mozilla Firefox.

Akan tetapi, pastikan browser yang Anda gunakan adalah versi terbaru. FireFTP juga memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan mendukung metode enkripsi terbaru, misalnya SFTP, SSL, dan TLS.

3. WinSCP

Selain FileZilla, pengguna Windows harus tahu tentang aplikasi yang satu ini. Mendukung berbagai protokol misalnya SFTP, FTP, SCP, dan WebDev, WinSCP yakni telah menawarkan antarmuka sederhana yang mudah digunakan.

Selain antarmuka, kelebihan WinSCP adalah dukungan kata sandi SSH, keyboard interaktif, kunci publik, dan otentikasi Kerberos. Akan tetapi, aplikasi tersebut yakni hanya bekerja pada sistem operasi Windows.

FTP adalah jenis protokol internet yang digunakan untuk mengelola dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna untuk mengelola file mereka di situs web mereka yang dihosting oleh layanan hosting.

Akan tetapi, Anda juga harus memastikan bahwa layanan hosting yang Anda gunakan memiliki dukungan jaringan yang andal dan dilengkapi dengan sertifikat SSL gratis untuk memastikan proses transfer data terenkripsi yang sangat aman.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan yang sudah kami jelaskan mengenai Aplikasi Internet Pengambilan File Cepat dengan Aman dan Mudah, sekian dan terima kasih!!