Trust Issue, Kenali Tanda-tanda dan Cara untuk Mengatasinya!

Posted on

Trust issue atau krisis kepercayaan adalah keadaan dimana seseorang kesulitan untuk bisa mempercayai orang lain. Ya, masalah kepercayaan diri ini yaitu ketakutan terhadap pengabaian, pengkhianatan, dan manipulasi. Peristiwa di masa lalu yang kurang menyenangkan atau berawal dari kejadian yang agak traumatis, terkadang menjadi faktor terjadinya krisis kepercayaan di dalam diri seseorang. Sehingga membuatnya sulit percaya kepada orang lain.

Trust issue
unsplash.com

Tanda-tanda dan Gejala Trust Issue

Gejala krisis kepercayaan ini bisa Anda ketahui saat mulai merasa sulit untuk percaya atau tidak yakin dengan orang di sekitar. Biasanya, hal tersebut muncul berbarengan dengan beberapa pikiran yang negatif, seperti beranggapan bahwa orang-orang itu cenderung bakal mencelakakan atau menyakiti hati.

Sikap curiga yang berlebihan itulah biasanya pemicu munculnya krisis kepercayaan terhadap seseorang. Berikut ini merupakan tanda-tanda psikologi krisis kepercayaan:

  1. Senantiasa menaruh kecurigaan terhadap orang lain, jadi terlalu waspada, lalu pada orang-orang yang ditemuinya sikapnya sangat berhati-hati dan selalu curiga.
  2. Berasumsi setiap orang pada akhirnya bakal mengkhianati. Ya ia beranggapan seseorang bakal berkhianat pada waktunya nanti terlepas dari seberapa jujur mereka di masa lampau.
  3. Menghindari punya hubungan yang mendalam dengan orang lain dan cenderung menjauhkan diri. Memutuskan diri untuk membatasi hubungan demi menghindari ketakutan akan pengabaian dan pengkhianatan.
  4. Merasa kesepian, sebab tak punya seseorang untuk sharing dan merasakan tertekan. Rasa khawatir serta ketakutan berlebih membuatnya mengisolasi diri dari orang lain serta tidak menutup kemungkinan memasuki kondisi depresi.

Penyebab Krisis Kepercayaan

Setiap orang punya pengalaman masa lalu, tetapi sikap, penerimaan, serta kerentanan masing-masing orang tidaklah sama. Untuk sejumlah orang masa lalu bisa saja membekas terlalu dalam, namun tidak bagi sebagian orang. Sama halnya dengan intensitas pengalaman masa lampau yang tidak sama untuk setiap orang.

Kejadian kehidupan yang traumatis bisa menjadikan munculnya trust issue pada seseorang. Peristiwa kehidupan tersebut seperti penyakit, pengkhianatan, kecelakaan, kerusakan properti pribadi atau pencurian, manipulasi, kehilangan orang yang dikasihi, dan sebagainya.

Pelecehan atau penyerangan secara fisik juga bisa berdampak terhadap kepercayaan seseorang pada orang lain. Dalam hal ini banyak terjadi pada kasus penyerangan dan pemerkosaan.

Tips Mengatasi Krisis Kepercayaan

Hal penting pertama di dalam mengatasi krisis kepercayaan ini yaitu dengan menyadarinya. Ya, dengan menyadari bahwa sikap memproteksi diri secara berlebihan dari ketakutan akan pengkhianatan atau disakiti, justru bakal mengganggu serta merusak tatanan hidup. Oleh karenanya, hal itu jadi motivasi untuk berusaha melakukan langkah-langkah di dalam memperbaiki keadaan yang ada.

Memang bukan hal yang mudah serta tetap terdapat kemungkinan bakal melewati pengalaman yang menyakitkan kembali. Namun kita harus menyadari bahwa itu adalah bagian dari risiko. Beberapa langkah berikut ini bisa Anda terapkan untuk mengatasi trust issue.

Cara mengatasi krisis kepercayaan yang pertama yaitu dengan selalu berusaha jujur dalam hal apa saja. Dengan demikian tentu orang lain pun bakal berlaku sama, sehingga rasa kepercayaan tersebut secara perlahan akan terbangun.

  • Mempunyai pendirian yang kuat (berintegritas) juga menjadi salah satu tips untuk mengatasi trust issue. Memegang teguh apa yang Anda percaya serta senantiasa konsisten, perlahan rasa percaya bakal terbangun kembali.
  • Mencoba untuk memahami diri sendiri dan orang lain
  • Agar kepercayaan selalu terjaga, maka bangunlah komunikasi yang baik serta intens dengan orang-orang di sekeliling Anda. Hindari berasumsi, komunikasikan apabila Anda merasa terdapat masalah yang mengganjal hati.

Trust issue tak boleh dianggap sepele, karena bisa menimbulkan dampak psikologis untuk penderitanya. Apabila merasa krisis kepercayaan yang Anda alami cukup mengganggu serta mempengaruhi kelancaran kehidupan keseharian, hendaknya melakukan konsultasi dengan psikolog. Ada banyak jenis terapi yang bisa membantu seseorang memperoleh kembali kemampuannya untuk percaya kepada orang lain.