Cara Mengatasi Mental Breakdown, Gangguan Mental yang Berbahaya

Posted on

Banyak orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara mengatasi mental breakdown. Padahal, hal itu sangat dibutuhkan agar tidak berkepanjangan.

Saat ini istilah ‘mental breakdown’ tentu sudah tidak asing lagi. Arti dari istilah tersebut adalah untuk menggambarkan suatu kondisi stress berat. Hal itu tentu tidak akan baik bagi tubuh.

Cara Mengatasi Mental Breakdown, Gangguan Mental yang Berbahaya
pixabay.com

5 Cara Efektif Mengatasi Mental Breakdown

Penyakit mental memang masih banyak orang sepelekan. Biasanya mereka berpikir bahwa penyakit mental bukanlah sesuatu yang berbahaya. Akan tetapi, mental yang terganggu lambat laun akan mempengaruhi kondisi fisik.

Kamu tentu sudah tidak asing dengan istilah mental breakdown. Dulu, istilah mental breakdown kerap digunakan untuk menggambarkan serangkaian penyakit mental. Selain itu, mental breakdown juga terkenal sebagai nervous breakdown.

Kondisi tersebut membuat para penderitanya mengalami kesulitan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, pada masa sekarang ini, mental breakdown sudah tidak lagi menjadi bagian dari istilah medis. Hal itu karena adanya anggapan bahwa istilah mental breakdown tidak spesifik.

Meski begitu, beberapa pakar tetap masih menggunakan istilah tersebut untuk menjelaskan beberapa kondisi seperti gejala stress yang intens atau berat, ketidakmampuan seseorang untuk mengatasi masalah dan tantangan di dalam hidup mereka, dan kecemasan yang berkepanjangan.

Pada dasarnya arti dari mental breakdown juga masih tabu dan samar. Secara umum kamu tetap bisa mendefinisikan mental breakdown sebagai penggambaran kondisi periode stress fisik dan emosional pada seseorang yang sudah tidak tertahankan.

Metal breakdown tidak dapat kamu diamkan begitu saja karena bisa mempengaruhi kesehatan fisik. Ketika fase mental breakdown atau stress berkepanjangan sudah pada tahap yang lebih parah, maka kamu bisa mencoba mengatasinya.

Kamu bisa mendatangi ahli medis untuk melakukan pemeriksaan fisik lengkap dan mendiskusikan obat demi mengatasi mental breakdown. Kamu kemungkinan juga ada mendapat rujukan ke psikoterapis atau psikiater untuk perawatan lebih lanjut.

Akan tetapi, kamu juga bisa menyembuhkan mental breakdown sendiri jika masih pada tahap awal dengan sejumlah langkah berikut.

Melakukan Terapi Berbicara

Salah satu jenis psikoterapi umum yang marak digunakan untuk mengatasi masalah mental breakdown adalah dengan terapi perilaku kognitif (CBT). Cara ini terbukti ampuh dalam mengobati berbagai penyakit mental, mulai dari depresi hingga kecemasan berlebih.

Melakukan Olahraga

Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan fisik. Siapa sangka bahwa olahraga juga bisa mengobati mental yang sedang terganggu. Untuk mengatasi mental breakdown, kamu bisa memilih olahraga yang menenangkan seperti yoga.

Menjauhi Zat Aditif

Narkoba, alkohol dan zat adiktif lainnya sangat berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang. Ketika kamu mengkonsumsi banyak zat aditif, maka akan menimbulkan perasaan cemas yang tidak terhenti.

Istirahat yang Cukup

Salah satu hal yang menjadi penyebab mental bermasalah adalah kurangnya istirahat. Jika kamu terlalu memforsir tubuh dan tenaga, maka hasilnya tidak hanya fisik yang terganggu, melainkan juga mental. Pastikan untuk mendapat istirahat yang cukup dan tidur 8 jam per harinya.

Menjaga Pola Makan

Selain istirahat yang cukup, tubuh juga tentu membutuhkan gizi yang seimbang. Hindari makan-makanan junk food dan lebih banyak konsumsi makanan sehat. Dengan begitu, maka kebutuhan gizi di dalam tubuh akan terpenuhi dan mempercepat penyembuhan.

Gejala mental breakdown tidak boleh kamu abaikan. Jika gejala sudah mulai di tahap selalu sedih, gangguan tidur, hingga nafsu makan berkurang yang sangat mengganggu aktivitas dan kesehatan fisik, maka sebaiknya kamu segera pergi ke tenaga ahli untuk mengatasi mental breakdown.