Cara Mengontrol Emosi Diri Sendiri Agar Hati dan Pikiran Bahagia

Posted on

Emosi atau amarah berlebihan memang sudah hal wajar dirasakan setiap orang di dunia ini. Maka tak heran jika seseorang akan berubah suasana hatinya ketika emosi berlebihan. Cara mengontrol emosi diri sendiri ini memang sangatlah sulit.

Karena untuk mengendalikannya pun, seseorang butuh ketenangan dan dukungan. Emosi berlebihan juga akan berdampak negatif pada orang sekitar. Untuk diri sendiri, jika tidak langsung diatasi maka bisa stres dan hidup tidak bahagia.

Cara Mengontrol Emosi Diri Sendiri
pixabay.com

Inilah Cara Mengontrol Emosi Diri Sendiri, Perlu Diketahui Agar Hidup Lebih Tenang

Bagaimana sih cara mengontrol emosi diri sendiri? Mungkin Anda pernah berpikiran seperti itu. Bila iya, caranya pun bisa dilakukan dengan cepat dan benar. Emosi diri sendiri adalah sebuah perasaan yang berkembang dan reda dalam waktu singkat.

Meskipun akan reda dalam waktu singkat, jika tidak diperhatikan secara keseluruhan maka akan menyebabkan kondisi mental dan hidup tidak seimbang. Mengendalikan emosi akan menentukan seberapa kuat perasaan, termasuk mengendalikan pikiran di otak.

Mengendalikan amarah ini juga bisa menghindarkan dari gangguan masalah kejiwaan atau histeria. Nah, agar hal tersebut tidak mengganggu kehidupan, ada beberapa cara untuk mengatasi emosi.

Menenangkan Diri

Cara dan langkah pertama ketika emosi diri sendiri meluap-luap, lakukan penengan diri. Jadi dengan pikiran tenang, maka bisa berpikir secara logis dan mencari solusi dari dampak membuat emosi tersebut.

Untuk menenangkan diri, bisa dimulai dari menarik napas dalam-dalam. Lalu dihembuskan secara perlahan. Dijamin cara ini akan memberikan celah untuk lebih tenang.

Lakukan Relaksasi Otot

Melakukan relaksasi otot, cara kedua untuk mengendalikan amarah. Lakukan peregangan otot pada tubuh dan kendurkan perlahan dengan membuang napas.

Menggerakan leher dan menggoyangkan bahu adalah salah satu contoh gerakan yang bisa dilakukan untuk membantu menenangkan pikiran ketika emosi datang. Tidak memerlukan banyak peralatan, hanya cukup melakukan beberapa gerakan pada anggota tubuh saja.

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik menjadi cara ampuh untuk menenangkan perasaan dan pikiran ketika emosi berlebihan. Banyak sekali orang melakukan cara satu ini, ternyata bisa mengendalikan secara perlahan-lahan.

Putar dan dengarkan musik kesukaan Anda masing-masing. Suara lantunan musik tersebut akan membawa pergi emosi dan membuat lebih rileks.

Berhenti Sejenak Dari Aktivitas

Ketika marah, cobalah untuk berhenti sekejap dan pikirkan apa yang ingin dilakukan. Jadi dengan berhenti sejenak ini, akan bisa memikirkan kemungkinan tanggapan dari perkataan atau perbuatan yang dilakukan.

Apakah perbuatan dan perkataan yang telah dilontarkan itu tidak melukai orang lain? Bila iya, pikirkan untuk memperbaiki dan jangan lakukan lagi.

Olahraga

Cara lain untuk mengatasi dan mengendalikan emosi yaitu dengan cara olahraga. Ya, olahraga memang menjadi cara terbaik dan ampuh untuk menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh.

Lakukan olahraga seperti jogging atau mengelilingi lapangan 8 kali. Dijamin dengan cara ini, otak dan pikiran bisa rileks. Kebahagiaan akan dirasakan setelah melakukan kegiatan olahraga ini.

Konseling

Cara mengontrol emosi diri sendiri lainnya yaitu dengan membutuhkan konseling psikolog atau psikiater. Cara ini agar kemarahan dan emosi lebih bisa teratasi. Psikolog dan psikiater salah satu cara terbaik untuk Anda jika membutuhkan perspektif orang lain sebelum mengambil tindakan atau lebih memahami diri sendiri.

Amarah memang hal umum terjadi bagi setiap orang, namun agar hidup lebih enjoy dan bahagia, lakukan cara mengontrol emosi diri sendiri dengan langkah di atas. Dijamin kehidupan akan tenang tanpa menyakiti orang sekitar.