Inilah 5 Penyebab Hidup Tidak Bahagia yang Harus Diwaspadai

Posted on

Tidak semua orang di dunia ini merasakan kebahagiaan dalam hidupnya. Ada banyak penyebab dan alasan seseorang hidup tidak bahagia.

Penyebab seseorang tidak bahagia, bisa datang dari diri sendiri ataupun lingkungan tempat tinggalnya. Selain itu, manusia memiliki emosi dalam dirinya.

Entah itu emosi bahagia, seperti bersyukur, tertawa, tersenyum, dan senang. Ada kalanya emosi negatif muncul seperti, marah, sedih, kecewa, dan menangis yang menjadi penyebab ketidakbahagiaan seseorang.

Hidup Tidak Bahagia
Ilustrasi Hidup Tidak Bahagia, Foto: kellyexeter.com.au

5 Penyebab Hidup Tidak Bahagia

Ada 5 penyebab mengapa kebahagiaan tidak segera menghampiri hidup Anda. Seringkali orang-orang mengabaikannya dan tanpa sadar bahwa hal tersebut sudah merenggut kebahagiaan mereka.

Apa sajakah itu? Berikut adalah pemaparan selengkapnya.

1. Sering Merasa Takut

Rasa takut, sebenarnya menjadi salah satu perasaan yang normal. Namun, rasa takut yang berlebihan dapat membuat Anda sengsara dan tidak bahagia.

Rasa takut ini muncul bisa karena Anda tidak mengetahui sesuatu, mengalami kegagalan, atau karena pandangan dan penilaian orang lain. Tak hanya itu, rasa takut juga timbul ketika seseorang berada di zona bahaya atau keluar dari zona nyamannya.

Misalnya saja, bertahan di lingkungan kerja yang tidak mendukung karena alasan sulitnya mencari pekerjaan. Atau, bertahan dalam hubungan yang tidak bahagia karena paksaan.

2. Terlalu Sering Mengeluh

Hidup tidak bahagia bisa karena Anda sering mengeluh. Sebenarnya, mengeluh itu hal yang wajar tetapi harus ada batasan.

Keluhan ini akan datang ketika seseorang mendapatkan kesulitan dan masalah. Tidak hanya masalah dan kesulitan yang besar saja, bahkan hal kecil sekalipun sering dikeluhkan.

Jika keluh kesah Anda lebih besar dari pada kerja keras Anda saat ini, tidak heran jika Anda tidak merasa bahagia. Salah satu solusinya, Anda harus mengubah pola pikir tersebut dan fokuslah pada hal-hal baik.

3. Pesimis

Tidak mungkin bukan, jika Anda hidup tanpa menemukan masalah? Hal-hal buruk bisa datang kapan saja, bahkan tanpa Anda melakukan kesalahan.

Pikiran pesimis ini muncul, ketika Anda merasa tidak percaya diri yang ujungnya menimbulkan keputusasaan. Apalagi, jika rencana yang sudah Anda susun dari jauh hari, kemudian tidak terlaksana sesuai harapan, pastinya enggan untuk berpikir positif.

Ingatlah, kegagalan itu tidak hanya selalu berkaitan dengan sesuatu yang buruk. Namun, kegagalan terjadi karena Anda dituntut untuk melakukan usaha dengan cara lebih baik.

4. Sering Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Seringkali orang tidak bisa melihat potensi dirinya dengan baik. Padahal, ada sesuatu yang pantas untuk disebut sebagai kelebihan.

Alhasil, tidak fokus pada apa yang dimiliki dan membandingkan hidupnya dengan orang lain. Ini dapat membuat hidup Anda tidak bahagia, karena diselimuti rasa iri.

Terlalu sibuk memperhatikan hidup orang lain, membuat Anda tidak akan berkembang. Selain itu, Anda juga merasa rendah diri dan merasa buruk.

5. Terjebak Masa Lalu

Anda akan terlihat menyedihkan jika masih terjebak dengan masa lalu. Karena Anda masih mengingat kenangan-kenangan menyedihkan yang membuat Anda terpuruk.

Anda memang tidak bisa mengubah masa lalu itu. Tapi percayalah ada masa depan yang harus Anda persiapkan.

Menyesali apa yang sudah terjadi adalah sia-sia dan Anda tidak akan bahagia. Jadikan itu sebagai pelajaran dan tekadkan diri untuk menjadi lebih baik.

Hidup tidak bahagia, bukanlah hukuman tetapi rintangan yang harus Anda lalui untuk mencapai kebahagiaan itu. Kenali diri Anda dan ubah sesuatu yang bisa Anda ubah dari dalam diri untuk menghasilkan perubahan besar.